Hallo sahabat
semua ! Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi tutorial tentang unity.
Sebelumnya mohon maaf jika dalam pembahasan ini masih banyak kesalahan dalam
penulisan ataupun dari segi penjelasan, soalnya saya juga baru kenalan sama
software unity, dikenalin sama unity oleh kaka tingkat saya dan lumayan aga
tertarik hehe
Pada artikel
ini saya menjelaskan seputar unity sebelum ke tutorial dasar, supaya lebih
paham dalam proses pengerjaan.
Dalam modul
praktikum “Unity 3D Untuk Multimedia” yang di susun oleh Budi Arifitama selaku
dosen Fakultas Telematika Universitas Trilogi, Unity 3D merupakan sebuah platform
pengembangan game 2D maupun 3D yang
dapat digunakan oleh pengembang baru maupun pengembang yang sudah
berpengalaman. Javasccript dan C# merupakan bahasa pemrograman yang dipakai
dalam pengembanganya, kemudahan keterhubungan antara objek yang sedang
dikembangkan dan script pemrograman menjadikanya pilihan yang baik bagi
pengembang yang memiliki keterbatasan waktu namun memiliki segudang ide. Salah
satu keuntungan terbesar penggunaan Unity 3D adalah dukungan multiplatformnya
yang luas. Situs resmi Unity mengatakan bahwa game engine ini mendukung sekitar 12 platform yang berbeda. Contoh
nya yaitu iOs, Android, windows, Linux,
WebGL, PlayStation Vista, 3Ds, Tizen, dll.
Unity merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan
game multi platform yang didesain untuk mudah digunakan. Selain membuat game
unity dapat digunakan untuk, real time animasi 3D dan visualisasi arsitektur
dan isi serupa yang interaktif lainnya. Berikut penjelasan Fitur-Fitur yang ada
pada Unity.
Perhatikan gambar diatas beserta penomoran yang tercantum pada
fitur-fitur yang ada pada unity, berikut ini penjelasannya :
1.
Tool Bar : Merupakan
pengendali area game atau control utama pada area unity. Didalam Tool Bar
terdapat menu transform tools yang berfungsi untuk scene view, tombol yang
terdapat pada scene view diantaranya Zoom,
moov, Rotate dan Scale. Pada area tool bar terdapat juga game view yang
berfungsi untuk menjalankan, memberhentikan dan menahan game atau plays, pause
dan stops buttons.
2. Menu Hierarchy
: Merupakan tempat penyimpanan asset yang akan digunakan untuk kebutuhan scene.
Untuk memasukan asset ke dalam menu hierarchy dapat dilakukan dengan cara drag
and drop atau memilih menu create yang ada pada toolbal hierarchy.
3. Scene view
windows : Didalam menu scene view ini atau saya biasa sebut stage untuk
mengaplikasikan perintah yang akan kita buat terdapat tab #scene dan tab Game.
Tab scene berfungsi untuk membangun projek yang dibuat, dalam scene kita dapat
mengatur object dan melakukan modifikasi untuk projek yang sedang dibuat.
Sedangkan Tab Game berfungsi untuk melihat tampilan ketika projek yang dibuat
sedang dijalankan, pada saat game view dijalankandiatasnya akan terdapat tombol
play, pause dan stop.
4. Menu Inspector
: Menampilkan informasi atau keterangan dari object yang sedang kita pilih.
5. Project View :
Merupakan wadah atau tempat ditampilkan semua asset yang akan digunakan untuk
membuat sebuah projek.
Sekian pembahasan mengenai penjelasan singkat mengenai unity,
semoga bermanfaat J
No comments:
Post a Comment