Wednesday 29 August 2018

Tutorial Unity : Cara Paling Sederhana Memasukan Gambar Pada Canvas


Hallo sahabat semua, pada kesempatan ini saya mau berbagi tutorial tentang Cara Memasukan Background pada Canvas, Jika ada yang belum mengerti tentang menu yang ada pada unity sahabat semua bisa baca pada postingan saya sebelumnya tentang Penjelasan Singkat Tentang Unity
  1.   Baiklah silahkan sahabat semua buka software unity, saya menggunakan unity versi 5.6.6f2
   2.   Pada Tab Hierarchy klik kanan lalu pilih UI > Canvas
3.   Pada jendela window/stage akan muncul garis kotak yang masih kosong.
    4.   Untuk mengatur ukuran canvas, pada menu inspector cari perintah UI Scale Mode pada canvas scaler (Script) dan ubah dari Constant Pixel Size menjadi Scale With Screen Size

  5.Lalu atur ukuran canvas sesuai dengan kebutuhan. Untuk ukuran layar desktop/laptop saya googling sekitar X (Lebar) dengan nilai 1024 dan Y (Tinggi) 768. 
   6. Kembali lagi pada jendela Hierarchy, untuk memasukan gambar Klik Kanan pada Menu Canvas lalu pilih UI > Image.
   7. Cari gambar yang akan dijadikan backround lalu copy dan paste pada File Asset tempat kalian menyimpan Projek yang dibuat
    8. Buka lagi Aplikasi Unity, dan secara otomatis gambar yang di copykan kedalam file asset akan terimport.
   9.  Double klik pada area gambar yang ada pada Canvas, lalu pada menu Inspector cari perintah Rect Transform dan Ubah Width dan Height sesuai dengan ukuran canvas

1
    10. Selanjutnya pada Tab Inspector Cari Canvas Rendered dan klik bulat kecil yang ada dipinggir Source Image lalu pilih gambar yang akan dijadikan background.
11. Jika Berhasil Memasukan image pada Canvas maka pada Source Image yang awalnya bertuliskan None (Sprite) akan berubah menjadi nama gambar yang kalian masukan.
Sekian Tutorial Cara Memasukan Gambar pada Canvas, Semoga bermanfaat dan selamat mencoba !!!









1 comment:

  1. ini bisa diimplementasikan ke dalam object juga atau tidak ya?

    ReplyDelete