Hallo sahabat semua, pada kesempatan ini saya mau berbagi tutorial
tentang Cara Memasukan Background pada Canvas, Jika ada yang belum mengerti
tentang menu yang ada pada unity sahabat semua bisa baca pada postingan saya
sebelumnya tentang Penjelasan Singkat Tentang Unity
1.
Baiklah silahkan sahabat semua
buka software unity, saya menggunakan unity versi 5.6.6f2
2.
Pada Tab Hierarchy klik kanan
lalu pilih UI > Canvas
3. Pada
jendela window/stage akan muncul garis kotak yang masih kosong.
4.
Untuk mengatur ukuran canvas,
pada menu inspector cari perintah UI Scale Mode pada canvas scaler (Script) dan
ubah dari Constant Pixel Size menjadi Scale With Screen Size
5.Lalu atur ukuran canvas sesuai dengan
kebutuhan. Untuk ukuran layar desktop/laptop saya googling sekitar X (Lebar)
dengan nilai 1024 dan Y (Tinggi) 768.
6. Kembali lagi pada jendela
Hierarchy, untuk memasukan gambar Klik Kanan pada Menu Canvas lalu pilih UI
> Image.
7. Cari gambar yang akan dijadikan
backround lalu copy dan paste pada File Asset tempat kalian menyimpan Projek
yang dibuat
8. Buka lagi Aplikasi Unity, dan
secara otomatis gambar yang di copykan kedalam file asset akan terimport.
9. Double klik pada area gambar
yang ada pada Canvas, lalu pada menu Inspector cari perintah Rect Transform dan
Ubah Width dan Height sesuai dengan ukuran canvas
1
10. Selanjutnya pada Tab Inspector
Cari Canvas Rendered dan klik bulat kecil yang ada dipinggir Source Image lalu
pilih gambar yang akan dijadikan background.
11. Jika Berhasil Memasukan image pada Canvas maka
pada Source Image yang awalnya bertuliskan None (Sprite) akan berubah menjadi
nama gambar yang kalian masukan.
Sekian
Tutorial Cara Memasukan Gambar pada Canvas, Semoga bermanfaat dan selamat
mencoba !!!
ini bisa diimplementasikan ke dalam object juga atau tidak ya?
ReplyDelete