Tuesday 28 August 2018

Tutorial Unity : Penjelasan Singkat Tentang Unity


Hallo sahabat semua ! Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi tutorial tentang unity. Sebelumnya mohon maaf jika dalam pembahasan ini masih banyak kesalahan dalam penulisan ataupun dari segi penjelasan, soalnya saya juga baru kenalan sama software unity, dikenalin sama unity oleh kaka tingkat saya dan lumayan aga tertarik hehe
Pada artikel ini saya menjelaskan seputar unity sebelum ke tutorial dasar, supaya lebih paham dalam proses pengerjaan.

Dalam modul praktikum “Unity 3D Untuk Multimedia” yang di susun oleh Budi Arifitama selaku dosen Fakultas Telematika Universitas Trilogi, Unity 3D merupakan sebuah platform pengembangan game 2D maupun 3D yang dapat digunakan oleh pengembang baru maupun pengembang yang sudah berpengalaman. Javasccript dan C# merupakan bahasa pemrograman yang dipakai dalam pengembanganya, kemudahan keterhubungan antara objek yang sedang dikembangkan dan script pemrograman menjadikanya pilihan yang baik bagi pengembang yang memiliki keterbatasan waktu namun memiliki segudang ide. Salah satu keuntungan terbesar penggunaan Unity 3D adalah dukungan multiplatformnya yang luas. Situs resmi Unity mengatakan bahwa game engine ini mendukung sekitar 12 platform yang berbeda. Contoh nya yaitu iOs, Android, windows, Linux, WebGL, PlayStation Vista, 3Ds, Tizen, dll.
Unity merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game multi platform yang didesain untuk mudah digunakan. Selain membuat game unity dapat digunakan untuk, real time animasi 3D dan visualisasi arsitektur dan isi serupa yang interaktif lainnya. Berikut penjelasan Fitur-Fitur yang ada pada Unity.
Perhatikan gambar diatas beserta penomoran yang tercantum pada fitur-fitur yang ada pada unity, berikut ini penjelasannya :

     1.   Tool Bar : Merupakan pengendali area game atau control utama pada area unity. Didalam Tool Bar terdapat menu transform tools yang berfungsi untuk scene view, tombol yang terdapat pada scene view diantaranya Zoom, moov, Rotate dan Scale. Pada area tool bar terdapat juga game view yang berfungsi untuk menjalankan, memberhentikan dan menahan game atau plays, pause dan stops buttons. 
   2. Menu Hierarchy : Merupakan tempat penyimpanan asset yang akan digunakan untuk kebutuhan scene. Untuk memasukan asset ke dalam menu hierarchy dapat dilakukan dengan cara drag and drop atau memilih menu create yang ada pada toolbal hierarchy. 
    3.  Scene view windows : Didalam menu scene view ini atau saya biasa sebut stage untuk mengaplikasikan perintah yang akan kita buat terdapat tab #scene dan tab Game. Tab scene berfungsi untuk membangun projek yang dibuat, dalam scene kita dapat mengatur object dan melakukan modifikasi untuk projek yang sedang dibuat. Sedangkan Tab Game berfungsi untuk melihat tampilan ketika projek yang dibuat sedang dijalankan, pada saat game view dijalankandiatasnya akan terdapat tombol play, pause dan stop.
   4.  Menu Inspector : Menampilkan informasi atau keterangan dari object yang sedang kita pilih.
   5. Project View : Merupakan wadah atau tempat ditampilkan semua asset yang akan digunakan untuk membuat sebuah projek.
Sekian pembahasan mengenai penjelasan singkat mengenai unity, semoga bermanfaat J







No comments:

Post a Comment