Thursday 30 August 2018

Tutorial Unity : Cara Paling Sederhana Membuat Menu Di Unity


Hallo, sahabat semua pada kesempatan ini saya akan berbagi Tutorial Cara Membuat Menu di Unity. Fitur menu sangat penting sekali ada dalam sebuah aplikasi contohnya game, dengan adanya Fitur Menu kita akan dapat mengetahui apa saja isi yang ada pada game yang dibuat. Langsung saja ke pembahasaan mulaaaai...
    1.   Buka aplikasi Unity dan masukan background yang akan dijadikan sebagai tempat tombol untuk menu. Jika ada yang belum mengerti tentang cara memasukan gambar pada unity, sebelum nya saya sudah posting tentang Cara Menambahkan Background di Unity Silahkan sobat baca postingan saya sebelumnya, karena postingan saya nyambung dengan postingan yang sekarang.
    2.   Setelah gambar dimasukan, selanjutnya kita akan membuat tombol, Caranya Klik Kanan pada Image di area Hierarchy pilih UI > Button

    3.   Setelah tombol muncul, Atur ukuran width dan height di area Inspector

   4. Ganti Nama tombol tersebut sesuai dengan kebutuhan, dengan cara klik panah kecil pada Perintah Button yang ada pada area Hierarchy, Setelah di klik maka akan muncul Perintah Text, Klik text tersebut dan ganti nama tombol tersebut pada area Inspector, Perhatikan gambar dibawah ini.
    5. Untuk memperbanyak tombol tersebut, Copy Paste Tombol Button dengan cara klik kanan pada area Button, Lalu pilih Copy dan klik kanan lagi di area button tersebut lalu pilih paste. Copy button sebanyak yang dibutuhkan.
 
   6.   Lihat Area Stage, tombol yang telah di copy paste akan menumpuk di area tombol pertama. Contoh saya memberi tombol dengan nama profil, tarik tombol profil tersebut ketempat yang diinginkan.
   7.  Setelah menduplikat button, ganti nama button yang diduplikat di area Hierarchy. Perhatikan gambar dibawah ini, saya membuat panah dari arah hierarchy ke arah Inspector. Tuliskan nama button tersebut di area panah yang saya tunjukan.
 8. Perhatikan Area stage, Nama tombol masih sama dengan nama tombol sebelumnya. Untuk mengganti nama tombol tersebut ubah nama tombol seperti yang sudah saya jelaskan pada langkah nomor 4.

   9.  Untuk membuat tulisan seperti contoh pada langkah nomor 8. Cara nya klik kanan pada Canvas di area Hierarchy pilih UI > Text. 
  10. Lalu buat tulisan di area Inspector, perhatikan lingkaran yang saya buat pada gambar dibawah ini. Isikan text yang diinginkan.
Sekian Tutorial cara membuat menu dari saya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba !!













1 comment: