Monday 30 November 2015

Cara Mencegah Supaya Tidak Terkena Penyakit Kullit Herpes Zoster



Hallo sahabat semua pada kesempatan ini saya mau berbagi kisah paling kelam dalam hidup yang pernah saya alami hehe lebaaaayyy amat nih penulis but tetap asik ya khaaan hehe sebelum saya berbagi kisah kita bahas terlebih dahulu tentang penyakit Herves Zoster. Apa itu Herves Zoster? Herves Zoster adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Herves zoster hidup dalam jaringan saraf, terjadi hanya pada satu posisi tubuh sejalan mengikuti saraf. Biasanya zoster ini hinggap dibagian punggung menggelilingi perut, di bawah paha atau dada. Kalau saya, Sering sebut penyakit zoster ini dengan sebutan "kebakaran pada badan yang berbentuk setengah lingkaran" hehe. Penyakit kulit ini berwujud seperti kuman air, hanya saja bisa memperbanyak diri dan membentuk bintil-bintil kecil, berwarna merah berisi cairan dan menggelembung pada daerah disekitar kulit yang terkena virus varicella tersebut.  Herves ini termasuk jenis penyakit yang menular yang dapat menyerang permukaan kulit seseorang. Cara penularan nya yaitu melalui tubuh penderita yang terkena infeksi lalu berhubungan langsung dengan tubuh orang lain yang mempunyai luka, jika anda belum pernah mengidap cacar air dan mengalami kontak langsung dengan ruam akibat herves, bisa jadi anda dapat terinfeksi virus variccela tersebut dan akan terkena cacar air.
Saya merasakan nyeri akibat  terkena penyakit zoster ini dibagian punggung kiri mengelilingi perut. Lalu saya periksakan ke dokter dan katanya herves zoster merupakan bawaan dari penyakit cacar air. Tapi seingat saya, saya tidak pernah terkena cacar air. Berikut ini saya jelaskan berdasarkan pengalaman yang saya alami gejala jika akan terkena penyakit herves pada tubuh.
GEJALA HERVES ZOSTER
   1. Badan yang akan terkena virus varicella, Sakit dan pegal-pegal. Waktu saya merasakan peyakit ii, bagian punggung, tangan, pinggang dan perut semuanya pegal. Berhubung saya tidak tahu akan terkena zoster, saya suruh mamah untuk memijit bagian badan yang pegal. Kurang lebih pegal-pegal yang saya alami selama 3 hari.
  2. Gatal-gatal dibagian yang akan terkena virus varicella dan bagain badan tersebut akan berubah menjadi memerah.
  3.  Hari berikutnya, akan muncul bintik-bintik merah dan rasanya sangat gatal. Karna saya tidak tahu terkena herves zoster, saya kira itu hanya bentol-bentol saja dan  kepala sangat terasa pusing berbarengan dengan munculnya bentol-bentol tersebut.
  4. Hari berikutnya, bintik-bintik merah tersebut berubah menjadi gelembung yang dalam nya berisi cairan. Pertama waktu saya ngalamin, dibagian perut terus mengikuti saraf sampai tulang belakang(punggung).Rasa nya panas, seperti terbakar.
   5.  Badan akan cepat merasa lelah dan tidak bersemangat itu dikarenakan rasa panas di area kulit yang terkena herves zoster tersebut.
PENYEBAB HERVES ZOSTER
   1. Daya imunitas menurun/system imun lemah
2 2. Stres. Stres yang berkepanjangan bisa menjadi pemicu terkena herves zoster. Biasanya penderita akan lebih stress ketika melihat tubuhnya terkena penyakit yang menyeramkan ini, diusahakan jangan stress. Cara saya dulu supaya tidak stres saat melihat herves ini, saya tidak sering-sering melihat bagian tubuh yang terkena herves.
   3.  Pernah ngalamin cacar air. Biasanya orang yang pernah ngalamin cacar air rentan terkena herves zozter itu di karenkan virus cacar air tersebut belum hilang dari tubuh sehingga virus tersebut menetap dalam jaringan saraf.
    4.  Usia. Herves zoster ini biasanya menyerang manula biasanya dari usia 50 tahun keatas.
PENGOBATAN HERVES ZOSTER
Kalau saya sih menyaran kan untuk diperiksakan ke dokter, Ketika teman-teman mengalami gejala seperti yang disebutkan diatas segarakan ke dokter. Karena jika terlambat akan menyebabkan rasa sakit yang berlebihan bahkan berkepanjangan. Saya si dulu periksa ke dokter dan saya di kasi obat antivirus Acyclovir. Obat itu di konsumsinya 5x2 sehari.


            Usahakan yang terkena herves zoster tersebut jangan terkena air, karena kalau terkena air akan lama mengeringnya. Intinya jangan mandi dulu, cukup di sepon aja pake air anget tapi kulit yang terkena herves nya jangan di sepon ya. Saya juga kurang lebih 3 minggu tidak mandi hehe.
Sumber:

16 comments:

  1. Ih blogger n tra mandi ahahahha

    ReplyDelete
  2. Ahhha blogger n tara ibak πŸ˜ƒπŸ˜πŸ˜€

    ReplyDelete
  3. Ahhha blogger n tara ibak πŸ˜ƒπŸ˜πŸ˜€

    ReplyDelete
  4. bukan nya tara mandi, tapi mengantisipasi supaya herves nya cepat kering :D

    ReplyDelete
  5. Artikelnya menarik, Anti mainstream+dilengkapi pengalaman pribadi penulis hee . Teruskan karena " menulis adalah bekerja untuk keabadian" #pramoedyaanantatoer

    ReplyDelete
  6. Sip, terimakasih pujian nya :) @ikrar hore

    ReplyDelete
  7. orang gila termasuk orang stress gak ya, kalo ia ko dia gak kena herves hehehe vis

    ReplyDelete
  8. Haha kasian dong kalau orang gila kena herves, udah mah lg sakit jiwa terus kena penyakit kulit wkwk @YaumilAkbar

    ReplyDelete
  9. Trimakasih banyak kawan tlah brbagi ilmu brmanfaat.. aq lg ngalamin pnyakit itu skrg

    ReplyDelete
  10. aku lagi masalah kulit cuma blm tahu apa termasuk kategori ini karena ada blg cacar air . serem juga kalau sampai begitu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah² an ya mbak bukan penyakit kulit herves zoster, atau sebaiknya mbak periksakan ke dokter.supaya tau penyakit nya dan spy segera diatasiπŸ˜‰ semoga cepet sembuh ya la

      Delete
  11. Aku udah 3 hari an belum di periksa ternyata herves ya panas banget rasa terbakar

    ReplyDelete