Wednesday 5 December 2018

Hati-hati dengan kosmetik yang kamu pakai, Berikut ini ciri kosmetik mengandung merkuri

Gambar : Wanista.com
Memiliki kulit putih untuk sebagian orang merupakan dambaan, banyak orang melakukan segala cara supaya memiliki kulit putih. Namun, harus di perhatikan jangan terlalu terobsesi untuk memiliki kulit putih sampai menghalalkan segala cara. Masih banyak cara alami untuk memutihkan wajah walaupun untuk putihnya lama, tapi tidak memiliki efek samping.

Banyak produk di jual dengan harga yang sangat murah untuk memutikan wajah dalam waktu singkat, sedikit berbagi cerita dulu teman saya memiliki kulit yang kurang putih dan tak lama kemudian kulitnya menjadi putih. saya tahu prosesnya awalnya muka dia merah-merah terus kulitnya mengelupas dan saya sedikit ngeri sih melihatnya. Sebulan kemudian memang kulitnya putih, namun putihnya terlihat tidak alami dan muka nya selalu memerah, apalagi jika kepanasan menurut saya cukup menyeramkan. Karena saya penasaran, akhirnya saya tanya dia pake produk apa dan harga dari produk tersebut. Ternyata dia pake produk pemutih yang harganya cuma 7rb saja, pikirkan dalam waktu singkat kulit bisa putih dengan uang 7rb. Bahan apa coba yang digunakan produk tersebut.

Untuk kita semua dalam membeli produk kita harus hati-hati, apalagi jika membeli produk pemutih. Jangan tergiur dengan harga murah, pikirkan efek samping yang akan terjadi. Bagaimana jika produk tersebut mengandung merkuri, karena merkuri sangat berbahaya untuk kulit dan juga kesehatan.

Dilansir dari vemale.com (Kamis, 14/02/2013) Menurut Husniah Rubiana Thamrin Akib, dari BPOM, "merkuri sangat berbahaya karena termasuk logam berat. Sekecil apapun jumlah merkuri yang masuk ke dalam tubuh, maka akan menjadi racun." Apabila dioleskan dan diserap kulit, ia akan masuk ke dalam peredaran darah. Efek samping yang dialami dan langsung bisa ditangkap mata adalah perubahan warna kulit yang memerah, bintik hitam, iritasi, bahkan kerusakan permanen susunan kulit, syaraf, otak, ginjal dan gangguan perkembangan janin. Efek jangka panjang dari merkuri adalah rusaknya ginjal dan menyebabkan kanker.

Berikut ini ciri-ciri kosmetik yang mengandung merkuri dan kandungan bahaya lainnya, seperti dilansir dari sehatfresh.com (14/02/2017) : 
  1. Krim yang mengandung merkuri pada umumnya lengket. 
  2. Krim yang mengandung merkuri juga terkadang encer, karena dicampurkan dengan bedak dingin (bedak jerawat). 
  3. Krim yang mengandung merkuri pada umumnya tidak homogen (tidak menyatu & kasar). Maksudnya apabila didiamkan, minyak kecenderungannya akan terpisah dengan bagian yang padat. 
  4. Krim yang mengandung merkuri memiliki bau yang menyengat. 
  5. Krim yang mengandung merkuri biasanya memiliki warna yang sangat mencolok. Hal tersebut karena krim bermerkuri tidak memakai bahan pewarna kosmetik, sehingga menggunakan pewarna tekstil 
  6. Krim yang mengandung merkuri apabila diusapkan pada kulit, terasa gatal atau panas. 
  7. Krim yang mengandung merkuri dalam pemakaian awal bisa mengakibatkan Iritasi pada kulit serta kemerahan saat terkena cahaya matahari. 
  8. Krim yang mengandung merkuri dapat mengubah kulit menjadi putih dalam waktu singkat. 
  9. Krim yang mengandung merkuri kecenderungannya tidak menimbulkan jerawat sama sekali pada kulit. Hal ini diakibatkan lapisan kulit epidermis telah rusak. Kulit tidak lagi mengandung melanin atau protein yang berguna melindungi radiasi paparan matahari. 
  10. Krim yang mengandung merkuri dapat membuat pori-pori tampak mengecil & halus. Hal tersebut diakibatkan lapisan kulit terluar wajah telah tipis karena tergerus logam merkuri. 
  11. Krim yang mengandung merkuri tidak terlalu menganjurkan penggunaan krim pelindung lain di siang hari. Padahal pada produk yang benar, pemakaian di siang hari selalu menggunakan pelindung SPF. Hal tersebut agar kulit tidak iritasi seperti terakar. 
Ciri-Ciri Merkuri Sudah Menyerang Tubuh Anda

Berhati-hati lah saat gejala ini anda rasakan setelah penggunaan kosmetik yang mengndung merkuri, segeralah periksakan ke dokter. Seperti dilansir dari ciricara.com (27/06/2012) :

1. Masalah pada fungsi mental yang berpengaruh pada emosi orang tersebut sehingga mudah marah, gugup, dan perasaan yang tidak menentu

2. Gemetar pada beberapa bagian tubuh yang diawali dengan kesemutan di bagian tangan, kaki, bahkan wajah

3. Otot yang mulai melemah dan volumenya yang menyempit sehingga timbul kedutan di beberapa bagian tubuh yang ototnya bermasalah

4. Sakit kepala yang hebat

5. Gangguan pernapasan atau bahkan pernapasannya terhambat sehingga berujung pada kematian

6. Kerusakan pada ginjal

Oleh karena itu kita sebagai wanita harus teliti dan pintar dalam memilih produk kecantikan, jangan tergiur dengan harga yang murah. Lebih baik gunakan produk yang berbahan dasar alami seperti berbahan dasar lidah buaya, sari bengkoang, dll. Walaupun putihnya lama tapi tidak ada efek samping, dari pada putih cepat efek sampingnya parah. Bukan nya cantik seperti apa yang diinginkan tapi malah ancur dan harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk perawatan ke dokter.
Nah, itulah ciri-ciri produk yang mengandung merkuri. Sekian informasi dari saya semoga bermanfaat dan semoga tetap berhati-hati dalam memilih produk.

Sumber :
www.Vemale.com/cantik/20195-inilah-ciri-ciri-kosmetik-yang-mengandung-merkuri.html
www.Sehatfresh.com/bahaya-dan-ciri-kosmetik-yang-mengandung-merkuri/
www.ciricara.com/2012/06/27/ciricara-ciri-tercemar-merkuri-dan-cara-mencegahnya/

No comments:

Post a Comment