Monday 3 September 2018

PENYEBAB MENSTRUASI SAKIT DAN BAGAIMANA CARA MENGATASNYA


Setiap wanita yang sudah dewasa pasti akan merasakan menstruasi atau sering disebut PMS (Pre Menstrual Syndrom). Dikutip dari laman Wikipedia, Menstruasi merupakan perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause.
Pada saat sedang PMS sebagian wanita banyak yang mengeluh kesakitan terutama dibagian perut. Kalau saya merasakan sakit saat PMS pada hari pertama dan kedua, membuat saya sulit untuk beraktivitas.
KENAPA SEBAGIAN WANITA MENGELUH PMS SAKIT?
Berikut ini saya rangkum dari berbagai referensi, kenapa PMS terasa sakit. Rasa nyeri saat akan menjelang PMS dapat berbeda pada setiap wanita, ada yang merasakan nyeri pada payu dara, badan pegal-pegal, sakit perut dan area pinggang terasa panas. Kalau saya saat akan menjelang PMS, yang saya rasakan nyeri perut dan pinggang terasa panas. Lalu, apa  yang menjadi penyebab PMS sakit ?
PMS atau istilah medisnya adalah dismenore nyeri ini disebabkan oleh kontraksi rahim. Seperti dikutip dari https://www.alodokter.com/penyebab-nyeri-haid-yang-tidak-tertahankan, Sepanjang waktu, terjadi kontraksi halus pada otot dinding rahim yang umumnya tidak terasa. Namun pada masa menstruasi, kontraksi ini menjadi makin kencang sebagai bagian dari peluruhan dinding rahim saat haid. Kontraksi tersebut menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim, sehingga memutuskan suplai darah dan oksigen ke-rahim. Ketiadaan oksigen inilah yang menyebabkan jaringan rahim melepaskan bahan kimia yang menciptakan rasa nyeri. 
Rasa nyeri semakin buruk karena tubuh juga mengeluarkan bahan kimia bernama prostaglandin yang memicu otot rahim terus berkontraksi lebih banyak. Prostaglandin adalah bahan kimia yang diproduksi oleh tubuh wanita dan dapat menyebabkan banyak gejala yang berhubungan dengan ketidaknyamanan saat menstruasi. Selain itu, prostaglandin juga memicu kondisi lain seperti mual, diare, lemas, dan sakit kepala yang kerap menyertai nyeri. Diduga, sebagian wanita memproduksi prostaglandin dalam jumlah lebih banyak sehingga lebih merasakan nyeri dibandingkan yang lain.

CARA MENGATASI NYERI SAAT PMS
Berdasarkan pengalaman yang sering saya lakukan saat sedang nyeri pms dan alhamdulilah cara ini cukup membantu meringankan rasa nyeri, berikut ini cara mengatasi nyeri saat pms.
          1.      Mengompres Perut dengan Botol
Masukan air hangat kedalam botol, jangan terlalu panas yaa. Lalu, arahkan kebagian perut yang sakit.  Panas yang dihasilkan akan membuat perut rileks dan mudah-mudah rasa nyeri berkurang.
          2.      Tidak Minum Kopi
Kafein yang terkandung dalam kopi membuat sakit perut bertambah parah. Dulu, sebelum saya tahu saya suka minum kopi. Perut semakin kram dan nyeri semakin warbyasaaah. Setelah saya googling, penyebab sakit perut saat PMS, ternyata banyak artikel kesehatan yang menjelaskan bahwa minum kopi dapat memperparah nyeri haid. Setelah saya  tahu, saat saya sedang PMS saya tidak berani minum kopi, enyahlah kau wahaaaiii kopiii sebentar saat aku sedang haid, nanti aku temenan lagi sama kau kalau pms ku sudah beres.
        3.      Menungging
Mungkin kedengerannya sangat aneh ya, kok saat nyeri haid malah nungging. Tapi, jujur saja. Itu kebiasaan saya saat sedang nyeri haid, saya suka menungging sambil mengompres dengan botol yang berisi air hangat. Alhamdulilah nyeri sedikit berkurang. Tapi, guys jangan asal nungging yah. Nungging nya dikamar biar ga ada orang yang tahu, kalau misalnya nyeri perut saat sedang dijalan tahan aja dulu wkwkwk jangan langsung nungging nanti malu.
        4.      Pijitan Ringan
Pijit ringan bagian badan yang terasa pegal, maka badan akan terelaksasi dan mudah-mudahan dapat membantu meredakan rasa nyeri yang dialami.
     Semoga tips diatas dapat membantu dan Sekian informasi tentang cara mengatasi nyeri haid mudah-mudahan bermanfaat.



2 comments: