Wednesday 5 September 2018

Pengertian Sistem Komputer Yang Mudah Untuk Dipahami



Sistem merupakan suatu kesatuan yang saling terhubung/terkait yang terdiri dari komponen-komponen guna memudahkan aliran informasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu hubungan yang saling berinteraksi. Sedangkan Komputer merupakan suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, memproses data sehingga dapat memberikan informasi. Jadi sistem komputer merupakan komponen-komponen yang saling terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Komponen dari sistem komputer terdiri dari perangkat lunak (software), perangkat keras hardware) dan manusia (brainware).
1.     Perangkat Lunak (Software)
Aplikasi-Aplikasi yang ada pada computer merupakan sebuah perangkat lunak. Dimana nantinya perangkat lunak inilah yang akan bekerja menjembatani antara perangkat keras dan pengguna. Jika pada computer tidak ada software maka computer tidak akan bisa menjalankan perintah. Contoh perangkat lunak computer adalah Sistem Operasi.
2.     Perangkat Keras (Hardware)
          Peralatan fisik pada computer disebut hardware. Software diinstalkan pada hardware computer. Contohnya, CPU, Monito,Mouse, Keyboard dst.
3.     Pengguna (Brainware)
   Yang mengoprasikan computer disebut brainware dalam hal ini manusia. Tanpa ada brainware/manusia computer tidak akan bisa berjalan sendiri.
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa system computer merupakan satu kesatuan yang saling terkait. Software, hardware, brainware merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan sampai kapanpun jika ingin computer berjalan maka ketiga komponen tersebut harus selalu ada. Sekian informasi dari saya, semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat.



No comments:

Post a Comment